Kabar Berita

Digiserve Berkolaborasi dengan Telkom DBS, ipSCAPE dan Microsoft, Targetkan Pasar UMKM di Indonesia

Sen 14 November 2022, telkomtelstra

JAKARTA – PT Digital Aplikasi Solusi atau lebih dikenal sebagai Digiserve by Telkom Indonesia mengumumkan kerjasama dengan 2 perusahaan sekaligus yaitu ipSCAPE dan Microsoft. Kerjasama ini merupakan wujud komitmen perusahaan sebagai penyedia IT Managed Services terkemuka di Indonesia.

Kerjasama dengan ipSCAPE dan Microsoft diumumkan oleh Digiserve dalam acara Kick Off Launch Product Campaign ipSCAPE and Microsoft di Telkom Divisi Business Service, Jakarta. Dalam kerjasama ini, ipSCAPE membawa produk unggulannya yaitu Cloud Contact Centre, sedangkan Microsoft mengusung produk andalannya yakni Microsoft Teams Essentials & Microsoft Office 365.

Ahmad Hartono, Presiden Direktur Digiserve menyambut baik dan sangat bangga adanya kerjasama antara Digiserve dengan perusahaan multinasional sekelas ipSCAPE dan Microsoft. Digiserve memberikan apresiasi kepada ipSCAPE dan Microsoft karena bisa bekerjasama untuk memenuhi kebutuhan perusahaan di tanah air.

“Digiserve menggandeng Mirosoft dan ipSCAPE karena kami melihat potensi divisi business service sebagai pasar yang sangat besar di Indonesia. Ada sekitar 66 juta pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia dan bisa menjadi pasar business service dimana mereka juga merupakan motor pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia,” jelas Hartono dalam Kick-Off Launch Product Campaign di Telkom DBS Tomang, Jakarta Barat.

Produk-produk yang disediakan Digiserve bersama ipSCAPE dan Microsoft sangat sesuai untuk diaplikasikan oleh pelaku usaha segmen UMKM di Indonesia. Apalagi telah terjadi perubahan pola komunikasi dan kolaborasi dari seluruh pelaku usaha di Indonesia termasuk di segmen UMKM yang dipicu oleh pandemi selama 2 tahun terakhir ini.

Hartono menambahkan bahwa pandemi juga telah menyebabkan fenomena dimana komunikasi dan kolaborasi akan bergeser menjadi berbasis cloud dan akan menggunakan platform yang sifatnya kolaboratif. Sehingga kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh Telkom Group untuk dapat lebih intensif masuk ke pasar UMKM dengan menawarkan produk-produk yang cloud based dan platform based

“Digiserve berterima kasih kepada ipSCAPE dan Microsoft karena bisa mewujudkan kolaborasi sehingga dapat menangkap pasar yang sangat besar di Indonesia. Kegiatan kick off ini akan dilanjutkan dengan roadshow ke daerah-daerah untuk memberikan product knowledge kepada tim penjualan sehingga mereka bisa memberikan penjelasan lebih komprehensif karena pasar UMKM sangat berbeda dengan pasar enterpise dan pemerintahan,” kata Hartono.

Sementara Dharma Simorangkir, Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia menyatakan bahwa Microsoft saat ini telah berevolusi menjadi technology and cloud company dari sebelumnya software company. Microsoft memiliki 3 layanan cloud besar yaitu Microsoft 365 sebagai platform kolaborasi, Microsoft Azure sebagai platform cloud dan Dynamic 365 sebagai platform aplikasi bisnis.

“Microsoft secara aktif melakukan akuisisi perusahaan sehingga dapat menyediakan platform dimana perusahaan seperti Telkom Group bisa berkolaborasi di atas platform tersebut. Microsoft membuka kesempatan bagi perusahaan untuk memberikan impact, menciptakan nilai lebih ketika pertumbuhan bisnis konektivitas tidak menarik lagi sementara di sisi lain ada permintaan terhadap transformasi digital,” jelas Dharma.

Indonesia merupakan salah satu pasar yang dilihat oleh semua perusahaan teknologi yang sedang berkembang, dan hanya satu perusahaan di Indonesia yang memiliki akses paling luas di Indonesia, yaitu Telkom Group. Namun akses paling luas tersebut tidak akan berarti apa-apa jika tidak melakukan upgrade.

“Microsoft ingin mengajak semua pihak untuk bertransformasi ke era digital yang semakin fleksibel. Karena dunia sudah sehingga pelaku usaha pun harus ikut berubah. Pelanggan dari sektor UMKM juga sudah mulai melek digital. Oleh karena itu kita harus bisa melakukan transformasi menuju ke era digital,” tegas Dharma.

Selanjutnya Erik Meijer, Non-Executive Director MAICD ipSCAPE menjelaskan bahwa ipSCAPE merupakan perusahaan penyedia layanan cloud contact center namun menurutnya lebih baik jika disebut sebagai perusahaan digital customer experience. Karena digital customer experience merupakan hal yang dibutuhkan perusahaan di saat sekarang.

“Melihat 2-3 tahun ke belakang pada saat pandemi, banyak perusahaan yang kebingungan untuk melayani pelanggan karena tidak bisa bertemu secara langsung. Sehingga layanan contact center menjadi lebih penting peranannya. Selain itu juga terjadi pergeseran pola kerja sehingga bisnis bisa dilakukan juga dari rumah, tidak hanya dari kantor saja,” jelas Erik.

Pada saat pandemi banyak perusahaan yang menutup layanan contact center karena adanya kebijakan yang melarang tatap muka dan berkumpul. Sementara mereka yang menggunakan layanan ipSCAPE bisa melanjutkan pekerjaannya dari rumah hanya dengan masuk ke sistem contact center. Oleh karena itu layanan cloud contact center menjadi sesuatu yang bisa menyelamatkan perusahaan pada saat ini.

“ipSCAPE adalah satu-satunya layanan cloud contact center dari global yang secara sistem berada di Indonesia. ipSCAPE berada di pusat data milik Telkom Group, di atas perangkat lunak dan infrastruktur cloud milik Microsoft, sehingga tidak ada masalah dengan kedaulatan data karena datanya berada di Indonesia,” tegas Erik.

Sebagai penutup, Eddy Sofryano, Executive Vice President Telkom Divisi Business Service juga menyambut baik adanya kolaborasi antara Digiserve, ipSCAPE dan Microsoft karena juga merupakan wujud sinergi antar pihak dimana produk ipSCAPE, berada di pusat data Telkom Group dan menggunakan infrastruktur milik Microsoft.

“Kolaborasi ini merupakan momentum yang luar biasa bagi Telkom DBS untuk melangkah ke depan dimana Telkom DBS memiliki perspektif 3 M yaitu manfaatnya pasti, mudah diimplementasikan dan murah dari sisi biaya. Kami berharap kolaborasi ini menjadi awal yang baik dan membuahkan hasil baik sehingga Telkom DBS bisa menjadi tumpuan masa depan Telkom Group,” pungkas Eddy.


Tentang Digiserve by Telkom Indonesia

PT Digital Aplikasi Solusi atau Digiserve by Telkom Indonesia, merupakan perusahaan Teknologi Informasi  yang bergerak dalam bidang ICT Managed Solutions. Setelah diakusisi kepemilikannya oleh PT Telkom Indonesia (Persero) melalui TelkomMetra di tahun 2021, Digiserve semakin didukung dalam mengembangkan pelayanan terbaik dengan keyakinan untuk memperkuat bisnis customer dalam mencapai hasil yang lebih baik. Digiserve akan menjalankan ini dengan integrated Managed Solutions yang dimiliki, dengan memanfaatkan jangkauan jaringan yang luas, kapabililitas kelas dunia, dan keahlian lokal.

Kontak Media

Lita Valentina
SM Sales & Marketing
08111337189
E-Mail: lita.valentina@digiserve.co.id