Kabar Berita

Telkomtelstra Menanamkan Cloud di Indonesia

Sel 06 Agustus 2019, telkomtelstra

Jakarta-Indonesia, 14 Maret 2016. Telkomtelstra, perusahaan patungan antara Telkom Indonesia dan Telstra Corporation Limited, hari ini meluncurkan layanan infrastruktur data center terbarunya, Private Cloud. Produk unggulan ini akan melengkapi produk Managed Cloud Service telkomtelstra sebelumnya, yang terdiri dari Software as a Service (SaaS), Managed Solution Services, yang terintegrasi dalam network berjangkauan luas, berkapabilitas tingkat dunia dan keahlian lokal.

Dengan menggunakan Private Cloud dari telkomtelstra, perusahaan dan organisasi di Indonesia dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnis mereka sendiri, meningkatkan produktivitas dan efisiensi, berinovasi – serta menciptakan keuntungan kompetitif.

Erik Meijer, Presiden Direktur telkomtelstra menyatakan, “kami sangat bangga dengan kapabilitas telkomtelstra dalam menyediakan Private Cloud Service yang menjadi pemimpin pasar kepada perusahaan di Indonesia. Telkomtelstra akan menggunakan kapabilitas network yang sangat luas milik Telkom termasuk dengan infrastruktur domestiknya dan keahlian teknologi Telstra, untuk melayani organisasi lokal dengan penawaran Managed Cloud, yang bertujuan untuk membantu mereka lebih fokus pada bisnis mereka sendiri dan melakukan apa yang mereka harus lakukan dengan lebih baik.”

Prediksi terbaru dari Gartner, ‘Public Cloud Services, Worlwide, 2013-2019, 4Q15’, melaporkan bahwa peluang bisnis Cloud di Indonesia adalah sedang dalam kondisi matang dan ini menjadi pondasi untuk perusahaan dalam membangun, mengelola dan menciptakan nilai bisnis baru kepada pelanggan mereka, serta meningkatkan efisiensi biaya melalui model layanan Cloud. IT Outsourcing diperkirakan akan tumbuh pesat pada pasar service management di Indonesia hingga 5 tahun ke depan. Khusus untuk Cloud, pasar di Indonesia diperkirakan akan tumbuh dari US$ 287Juta menjadi US$ 430 Juta sampai akhir tahun 2018 dengan CAGR sebesar 19%*.
”Source: Gartner, 22 December 2015.

Penawaran awal Cloud telkomtelstra adalah melihat peluang yang menunjuk pada tren pasar di atas dan menghasilkan fase pertama strategi telkomtelstra untuk fokus pada lokal, inovasi berbasis desain dan memberdayakan kemitraan strategis dengan vendor Cloud global.

Erik mengungkapkan, “Sangat penting untuk organisasi Indonesia mengetahui bagaimana Private Cloud tidak hanya dapat membantu mengamankan aplikasi dan data bisnis penting mereka, namun juga secara total dapat menurunkan biaya dari layanan managed service secara penuh. Kami menyediakan layanan Cloud seperti ini, dengan infrastruktur pusat data di dalam negeri, dengan tujuan memenuhi regulasi pemerintah tentang penyimpanan dan integritas data di Indonesia.”

Dengan tujuan untuk fokus pada pemberdayaan kapabilitas lokal, model pendukung dan struktur komersial yang sesuai untuk melayani pasar Indonesia, strategi produk telkomtelstra adalah menyediakan produk dan layanan yang aman dan terbaik yang memungkinkan para pelanggan untuk dapat berinovasi, tumbuh, dan melayani pelanggan mereka sendiri dengan lebih baik.

Pelanggan sekarang dapat memiliki keuntungan dengan menempatkan platform Private Cloud mereka sendiri untuk mengamankan bisnis mereka dan dikelola penuh oleh telkomtelstra. Ini mengurangi kompleksitas pelanggan telkomtelstra dan memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada produk dan layanan inti mereka.

Melengkapi layanan SaaS telkomtelstra sebelumnya, Private Cloud dapat menjadi solusi untuk meminimalkan resiko di dalam operasi IT organisasi – membutuhkan pengamanan khusus, tata kelola, manajemen dan alat untuk memastikan visibilitas dan kontrol pada setiap tingkat layanan.

Dalam waktu dekat, telkomtelstra juga akan menawarkan pilihan kepada pelanggan untuk mengkombinasikan aplikasi Private dan Public Cloud berupa solusi Hybrid Cloud yang memungkinkan fleksibilitas lebih besar dari operasi bisnis, pengelolaan infrastruktur dan pengendalian biaya.
Dengan dirilisnya produk ini, telkomtelstra menghadirkan ke pasar Indonesia sebuah kemampuan untuk meningkatkan teknologi “in the Cloud”, untuk mendorong lebih maju bisnis di Indonesia ke masa depan digital. Bermitra dengan provider terkemuka dunia, seperti VCE, telkomtelstra akan menyediakan platform pengelolaan end-to-end, memberikan pelanggan sebuah layanan lengkap mulai dari jaringan sampai ke dalam Cloud – membantu pertumbuhan organisasi melalui cara yang efisien dan fleksibel.

Erik menambahkan, “Saat ini adalah waktu yang tepat bagi bisnis di Indonesia untuk mentransformasi diri mereka secara digital dan makin memudahkan mereka untuk bersaing di pasar global.”

— SEKIAN —

Informasi tambahan tentang Private Cloud

Private Cloud dibangun untuk penggunaan secara eksklusif oleh organisasi. Pelanggan dapat memiliki, mengelola dan meletakkan Private Cloud dan infrastruktur mereka dapat berada di luar atau tempat mereka sendiri. Perusahaan yang menggunakan Private Cloud dapat memiliki kontrol langsung atas implementasi, perangkat keras, jaringan, keamanan, sistem operasi dan serta perangkat lunak yang digunakan agar Clouddapat berjalan.
Private Cloud secara khusus digunakan organisasi yang membutuhkan untuk mengelola kontrol atas pusat data. Sebagai contoh adalah organisasi yang peduli terhadap keamanan, compliance, dan menjaga aset data dalam firewall perusahaan, atau mereka yang membutuhkan untuk menjaga aset data on premise atau on shore. Keuntungan lebih lanjut menggunakan Private Cloud adalah kemampuan mengurangi biaya investasi (CAPEX) dan biaya operasional (OPEX) serta memaksimalkan efisiensi dan fleksibilitas.

About Telkomtelstra

Telkomtelstra adalah joint venture antara PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom Indonesia), operator telekomunikasi terbesar di Indonesia dan Telstra Corporation Limited (Telstra), pemimpin regional penyedia layanan enterprise. Telkomtelstra menghadirkan kombinasi yang tak tertandingi akan pemahaman pasar lokal oleh Telkom Indonesia serta layanan managed solutions experience kelas dunia oleh Telstra.

Media Contact:

Heru Yulianto
telkomtelstra
E-Mail: heru.yulianto@telkomtelstra.co.id