Blog

4 Alasan Mengapa CIO Harus Mempertimbangkan Layanan Cloud Computing

Rab 07 Agustus 2019, telkomtelstra

Dalam lingkungan bisnis saat ini, data center merupakan aset yang dibutuhkan untuk mendukung operasional bisnis. Namun, tidak semua perusahaan mampu untuk memiliki data center-nya sendiri dan untuk perusahaan yang memiliki data center, pada umumnya mengalokasikan sejumlah profesional serta sumber daya IT dengan jumlah yang signifikan. Dengan meningkatnya kompleksitas data center dan jumlah profesional IT yang dibutuhkan untuk mengelolanya, tentunya mempertahankan produktivitas menjadi sebuah tantangan baru.

Perkembangan teknologi yang sangat cepat telah memberikan banyak solusi alternatif untuk perusahaan dalam menjalankan serta mengembangkan bisnisnya. Hal yang sama juga terjadi pada teknologi Cloud Computing, yang saat ini telah menjadi tren baru di pengelolaan data center. Layanan Cloud Computing memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari data center tanpa harus membangun dan mengelola data centersendiri. Perusahaan dapat fokus menjalankan bisnis intinya dan dapat merespon peluang-peluang baru dengan lebih cepat. Selain produktivitas, pada pengembangan bisnis, dengan rumus yang tepat – dan strategi Cloud Computing yang benar – perusahaan juga dapat memaksimalkan laba atas investasinya (ROI).

Kompetisi industri yang semakin ketat telah memaksa perusahaan-perusahaan untuk lebih cekatan dan cepat ketika merespon perubahan-perubahan yang terjadi di pasar. Solusi Cloud Computing yang fleksibel serta disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dapat memberikan banyak keuntungan yang bermanfaat guna membantu organisasi untuk lebih cekatan dalam menjalankan bisnisnya. Layanan Cloud Computing, sebagai generasi baru dari data center, menawarkan ketangkasan, skalabilitas, serta efisiensi anggaran. Selain itu, layanan Cloud Computing memainkan peranan penting sebagai fondasi untuk bisnis digital di masa depan.

Pemilihan penyedia layanan Cloud Computing yang sesuai dengan bisnis perusahaan bukan sekedar faktor lokasi, memilih nama dari daftar penyedia, atau membandingkan sejumlah spesifikasi parameter pada brosur. Kesuksesan penerapan layanan ini akan tergantung pada bagaimana penyedia memberikan layanan yang tepat untuk kebutuhan perusahaan, dengan resiko yang minimal namun tanpa mengorbankan pelaksanaannya.

Berikut adalah 4 alasan utama mengapa para CIO (Chief Information Officer) harus mempertimbangkan layanan Cloud Computing:

  1. Meningkatkan kecepatan bisnis: Layanan Cloud Computing yang fleksibel mendukung perusahaan dalam mengembangkan produk-produk inovatif yang kemudian memberikan kecepatan kepada perusahaan guna mempertahankan daya saing di pasar yang dinamis. Sistem yang baik memiliki virtualisasi yang sudah tersedia di dalamnya, dengan aplikasi yang mudah untuk dipasang, serta mendukung beban kerja dari perangkat mobile.
  2. Efektivitas biaya: Penggunaan server virtualisasi yang telah dioptimalkan akan memberikan efisiensi belanja modal untuk perusahaan.
  3. Bisnis digital: Gartner memperkirakan bahwa 35 miliar perangkat akan terhubung dengan internet pada tahun 2020. Untuk mengimbangi ledakan pertumbuhan ini, layanan Cloud Computing akan menjadi dasar bisnis digital di masa depan.
  4. Kemanan data: Keamanan data perusahaan merupakan faktor penentu penting untuk layanan Cloud Computing. Penyedia layanan harus memiliki standar keamanan terbaru dan ditinjau secara berkala. Komponen keamanan yang harus ditinjau termasuk firewall, anti-virus, multi-factor user authentication, enkripsi data, dan audit keamanan.

Dengan melihat tren saat ini, profesional IT harus mempersiapkan rencana strategis infrastruktur IT guna mengantisipasi ledakan pertumbuhan – dengan menggunakan Cloud Computing untuk mendukung kinerja bisnis melalui kecepatan, fleksibilitas, serta tingkat kemanan yang baik. Melangkah ke dalam Cloud Computing sebagai generasi baru data center akan membawa bisnis perusahaan ke dalam lingkungan IT yang baru, cepat, produktif, serta penggunaan biaya yang efektif.