Blog

Integrated Digital Marketing Multi-Platform: Meningkatkan Customer Experience

Rab 07 Agustus 2019, telkomtelstra

Dengan meningkatnya gaya hidup digital dalam beberapa tahun terakhir, platform untuk digital marketing pun menjadi lebih populer. Sebelumnya, digital marketing dianggap sebagai tambahan dalam aktivitas marketingtradisional. Saat ini, yang terjadi adalah sebaliknya: digital marketing dapat menjadi dan digunakan sebagai alat marketing utama untuk mendapatkan pelanggan baru dan juga mempertahankan pelanggan yang telah ada. Dari sederetan digital marketing yang ada saat ini, banyak alat yang tersedia untuk membantu mempromosikan bisnis Anda, termasuk olah pesan, media sosial, web advertisingdigital signage, alat ukur dan analisis marketing, layanan berbasis lokasi, aplikasi mobile, dan sebagainya. Untuk memberikan experience yang lebih kaya dan inovatif kepada pelanggan dan calon pelanggan, kombinasi berbagai platform untuk marketing harus diintegrasikan dalam menyediakan solusi atau kampanye marketing yang terarah, konsisten dan relevan.

Berbagai digital marketing platform yang terintegrasi dapat memberi banyak keuntungan dalam bisnis. Organisasi akan mampu mengirim komunikasi personal kepada stakeholder mereka. Tak ada lagi pesan broadcast seragam, yang tidak relevan dan seringkali tidak diinginkan. Sebaliknya, bayangkan jika tiap pelanggan mendapatkan perlakuan yang unik dan personal berdasarkan profil, kebutuhan, tingkah laku, jejak pembelian, pilihan, dan bahkan aktivitas yang mereka lakukan di gerai fisik Anda. Hal ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan yang akan menciptakan hubungan emosional antara pelanggan dan perusahaan.

Di sisi lain, digital marketing juga menyediakan manajemen komunikasi yang nyaman melalui ujung jari Anda, di waktu yang tepat (termasuk penjadwalan otomatis) dan juga sinkronisasi konten, pada seluruh platform melalui panel kendali yang terpusat. Pusat kendali untuk digital marketing dapat Anda buat sendiri pada premis perusahaan atau melalui solusi berbasis Cloud seperti Software as a Service (SaaS).

Menciptakan dan mengelola infrastruktur perusahaan untuk mendukung aplikasi digital marketing Anda yang terintegrasi bisa jadi menyulitkan. Departemen marketing dan IT akan memiliki pandangan yang berbeda terhadap integrasi aplikasi digital marketing multi-platform. Saat tim marketing antusias membuat pengalaman marketing yang luar biasa bagi pelanggannya, departemen IT akan melihatnya sebagai kerumitan yang muncul antara berbagai perangkat dan komponen aplikasi.

Dengan banyaknya platform untuk diintegrasikan menjadi aplikasi digital marketing, kerumitan infrastruktur akan meningkat dan hal tersebut membutuhkan sumber daya untuk pemeliharaannya. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, kami melihat teknologi Cloud mampu mengintegrasikan berbagai platform menjadi sistem real time yang terpusat: mulai dari in-store display, iklan berbasis lokasi, hingga email newsletter personal.

Pilihan solusi berbasis Cloud (SaaS) menjadi pilihan yang menarik dalam bisnis. Tawaran SaaS dapat menyederhanakan operasional, pengelolaan dan dukungan teknis dalam satu tempat. Dengan menggunakan solusi SaaS, perusahaan dapat fokus pada perkembangan bisnis berdasarkan pada kompetensi inti mereka dan pada pemberian pengalaman yang luar biasa dan berkesinambungan pada pelanggan mereka. Mitra Cloud akan mampu memelihara infrastruktur yang rumit dan menangani kekhawatiran mengenai implementasi dan pengelolaan yang muncul.

Menggunakan solusi SaaS di lingkungan perusahaan bukanlah hal yang baru. Banyak perusahaan, mulai dari start-up hingga enterprise – memilih solusi berbasis Cloud untuk mengoptimalkan biaya operasional tanpa kehilangan produktivitas. Layanan email perusahaan dan solusi penyimpanan Cloud merupakan contoh implementasi SaaS yang paling populer di perusahaan enterprise. Tren adopsi SaaS ini akan terus berlanjut, pasar akan semakin dikendalikan oleh konsumen. Dengan demikian, memilih rekan Cloud yang tepat merupakan hal yang penting dalam bisnis Anda. Mungkin akan memakan waktu, namun memastikan rekanan yang tepat untuk bisnis Anda, akan menghemat waktu dan menekan potensi kerugian secara jangka panjang.

Berdasarkan laporan Digital Trend Adobe tahun 2016, 53% organisasi memilih data-driven marketing sebagai strategi prioritas mereka untuk membantu memberikan Customer Experience yang lebih baik. Tanpa alat analisis, organisasi tidak mampu memperoleh pandangan mengenai perilaku pelanggan. Oleh karena itu, mereka tentu tidak dapat menyediakan pengalaman yang sempurna untuk memenuhi ekspektasi pelanggan mereka. Saat ini, 41% organisasi memiliki infrastruktur data-collection yang ‘baik’. Peningkatan 10% dibandingkan tahun lalu.

Digital marketing memungkinkan perusahaan untuk membagi segmentasi pasar, untuk memperoleh pemahaman yang lebih spesifik dan mendalam dari masing-masing segmen. Oleh karena itu, dengan target yang tepat dan promosi yang efektif, tujuan penjualan dan marketing dapat direalisasikan. Digital marketing juga menawarkan statistik yang lebih detail, lebih akurat, dan pelaporan yang yang lebih mendalam – dan analisis mengenai bagaimana audiens berinteraksi dengan bahan promosi, termasuk informasi perilaku pembelian pelanggan Anda. Analisis tersebut merupakan hal penting untuk mengelola dan meningkatkan loyalitas pelanggan, saat membangun hubungan dengan pelanggan yang telah ada.

Digital marketing multi-platform yang terintegrasi memungkinkan perusahaan dan brand memberikan pelanggan mereka experience yang lebih hebat di sepanjang proses transaksi, dengan mengetahui data pelanggan, menyediakan pandangan analitis dan otomatisasi interaksi lintas jalur melalui portal terpusat yang dapat Anda akses kapan pun dan dimana pun. Oleh karena itu, memberikan experience kepada pelanggan Anda menggunakan digital marketing multi-platform terintegrasi dapat membedakan brand dan produk Anda di mata pelanggan. Hal ini akan menghasilkan pelanggan yang setia, membuat mereka membela brand Anda, serta menjaga kesinambungan bisnis dari rekomendasi mulut ke mulut (Word of Mouth).