Blog

Nilai Tambah Bisnis dari Layanan Managed Private Cloud

Rab 07 Agustus 2019, telkomtelstra

Dalam beberapa tahun terakhir, Cloud Computing telah berkembang signifikan dan semakin banyak perusahaan yang menggunakan teknologi Cloud untuk mendapatkan berbagai manfaat operasional. Studi 2015 Enterprise Cloud Computing dari IDG menunjukkan bahwa 48% perusahaan saat ini sudah bergerak ke model operasional berbasis Cloud untuk menggantikan teknologi on-premise. Alasan utama yang menggerakkan adopsi Cloudadalah fleksibilitas dan skalabilitas yang lebih baik, peningkatan kecepatan penerapan, serta biaya kepemilikan secara keseluruhan yang lebih rendah.

Layanan Managed Private Cloud

Layanan Managed Private Cloudmemiliki tempat tersendiri di industri Cloud Computing dan memberikan layanan terintegrasi yang mudah untuk dikelola dan menawarkan pemanfaatan biaya. Misalnya, di telkomtelstra, sebuah Vblock System menyediakan solusi kombinasi infrastruktur yang meliputi Cisco compute, virtualisasi VMware, serta penyimpanan EMC yang terintegrasi, teruji, dan didukung dengan pengelolaan penuh. Layanan Managed Private Clouddari telkomtelstra memberikan tingkat kinerja yang optimal untuk berbagai beban kerja.

Dengan Vblock System terpasang pada layanan Managed Private Cloud, Anda dapat menyediakan dan mengelola perubahan atas permintaan dan peluang bisnis ketika dibutuhkan. Sehingga Anda dapat memberikan kinerja terbaik dengan lebih lincah dan efisian. Arsitektur modular Vblock System juga memungkinkan Anda untuk menikmati biaya infrastruktur yang lebih rendah dengan kinerja yang lebih terkendali. Layanan pun dapat lebih cepat diterapkan dan lebih mudah didistribusikan dalam organisasi, memungkinkan Anda meminimalkan risiko dan membuat proyek TI menjadi lebih terprediksi dan tepat waktu.

Studi Kasus: Canadian Pacific

Canadian Pacific, sebuah perusahaan kereta api lintas benua di Kanada dan Amerika Serikat, memiliki permasalahan dengan TI model outsourcing. Seiring bertumbuhnya bisnis, kebutuhan infrastruktur TI untuk mendukung operasional juga ikut meningkat. Proses penyediaan SAP perusahaan sangat lambat sehingga mempengaruhi kemampuannya untuk menanggapi permintaan bisnis. Di sisi lain, biaya outsourcing juga meningkat dan membatasi peluang investasi.

Canadian Pacific memutuskan untuk mentransformasi operasi TI outsourcing-nya ke model insourced, untuk meningkatkan pengendalian terhadap aset infrastrukturnya, dan pada saat bersamaan menekan biaya operasional TI. Mereka memilih Vblock System untuk menjalankan lebih dari 500 aplikasi, termasuk SAP.

Saat ini, proses penyediaan SAP di Canadian Pacific hanya membutuhkan waktu dua minggu, tak lagi berbulan-bulan. Perusahaan ini juga berhasil menghemat lebih dari 30 juta dollar dari biaya outsourcing hanya dalam tahun pertama transformasi mereka.

Studi Kasus: Purdue Pharma

Purdue Pharma merupakan studi kasus lain dalam hal implementasi Vblock System untuk Managed Private Cloud. Berbasis di Connecticut, AS, perusahaan farmasi swasta ini mengalami pertumbuhan bisnis yang pesat dan melampaui kapasitas data center mereka. Perusahaan melakukan upgrade terhadap arsitektur server untuk memungkinkan mereka mengejar target bisnis. Pada saat yang sama, Purdue Pharma juga perlu mengganti solusi backup berbasis tape drive yang sudah usang dengan solusi alternatif yang modern dan tentunya lebih cepat.

Melalui solusi Managed Private Cloud, Purdue Pharma mampu untuk menggabungkan teknologi komputasi, jaringan, penyimpanan, dan virtualisasi ke dalam satu sistem yang terintegrasi. Dengan operasi dan infrastruktur TI yang efisien, Purdue Pharma berhasil mendapatkan efisiensi biaya TI dan juga mampu memberikan kinerja yang sama baiknya, bahkan lebih baik, dengan tim TI yang lebih kecil.

Saat ini, staf Purdue Pharma bisa fokus untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan dan bisnis mereka.

Fokus pada Pencapaian Bisnis

Dapat disimpulkan bahwa teknologi Cloud Computing telah menciptakan revolusi dalam model infrastruktur TI tradisional. Dengan teknologi Cloud, organisasi Anda tidak perlu khawatir akan mengalami penggunaan yang melebihi kapasitas penyimpanan atau gagal memenuhi kebutuhan untuk kelancaran bisnis atau pengembangan bisnis. Selain itu, ini semua bisa didapatkan dengan biaya yang lebih efisien.

Biarkan para ahli yang bertanggung jawab atas kebutuhan Cloud Computing Anda, dan Anda bisa fokus pada prioritas bisnis yang lebih penting. Efisiensi kerja akan meningkat, kompleksitas akan berkurang, dan Anda akan siap meraih pencapaian bisnis yang luar biasa.