Blog

Optimalisasi Produktivitas dengan Managed Network Services

Rab 07 Agustus 2019, telkomtelstra

Infrastruktur Teknologi Informasi (ITI) memainkan peran penting dalam setiap organisasi saat ini. Mayoritas tren teknologi bisnis yang digunakan oleh perusahaan terkemuka saat ini adalah solusi berorientasi mobile dan sosial, dengan pemanfaatan analisis data dan layanan Cloud. Studi terbaru menunjukkan bahwa 7 dari 10 perusahaan sudah menyadari manfaat produktivitas dari optimalisasi ITI yang dimilikinya. Jika masih ada keraguan dalam pikiran Anda, artikel ini mungkin akan mengusir rasa ragu itu.

Mengoptimalkan Produktivitas dengan ITI

ITI merujuk pada sekumpulan perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan, serta segala hal yang menghubungkan mereka untuk mengembangkan dan mendukung layanan TI sebuah organisasi. Banyak kisah sukses yang menyoroti betapa optimalisasi ITI terbukti telah memberikan manfaat bagi sebuah organisasi, mulai dari peningkatan produktivitas hingga efisiensi operasional serta peningkatan kolaborasi antar kelompok kerja. Misalnya, menggambarkan bagaimana perusahaan dan karyawannya merasakan efisiensi kerja, yakni menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan dalam waktu yang jauh lebih singkat. IAT Group merupakan salah satu contoh optimalisasi ITI melalui implementasi Managed Network Service (MNS) yang memberikan efisiensi dan produktivitas ke tingkat yang lebih tinggi.

IAT Group adalah perusahaan asuransi yang berkantor pusat di Raleigh, North Carolina, dan memiliki 18 kantor cabang di seluruh Amerika Serikat. Berdasarkan studi kasus oleh Riverbed pada tahun 2015, IAT Group ingin memusatkan seluruh aplikasi mereka, namun salah satu aplikasi mereka yang paling penting tidak bisa berjalan dengan baik melalui WAN. Para agen asuransi membutuhkan waktu 90 menit hingga dua jam untuk membuat sebuah polis. Seringkali waktu mereka habis hanya untuk menunggu aplikasi itu selesai mengirimkan informasi. Akibatnya, tingkat produktivitas mereka terkena dampak buruk.

Pada akhirnya, IAT Group menggunakan WAN Optimisation, produk yang merupakan bagian dari MNS, di data center dan setiap kantor cabang mereka. Hasilnya cukup luar biasa. Implementasi WAN Optimisation berhasil menyelesaikan masalah kinerja aplikasi dan meningkatkan produktivitas agen. Sekarang, para agen hanya perlu menghabiskan waktu 20 hingga 30 menit saja untuk membuat polis. Melalui WAN, IAT Group dapat mengunggah dan menyalin berkas ke kantor pusat dalam waktu yang lebih singkat.

Peran Managed Network Service untuk Mendukung ITI

Berdasarkan riset IDC, 60% dari perusahaan telah memasukkan ITI ke dalam rencana bisnis mereka untuk meningkatkan produktivitas di tahun mendatang (Sumber: IDC, 2015). MNS adalah salah satu produk ITI yang perlu masuk dalam agenda perusahaan di tahun 2016 agar dapat berhasil dalam persaingan pasar saat ini dan untuk mengendalikan pertumbuhan di masa mendatang. MNS memiliki kemampuan untuk mengubah solusi jaringan yang sulit dan kompleks menjadi sumber daya produktif yang memberikan alur kerja yang optimal untuk bisnis. MNS mampu mengelola jaringan Anda yang kompleks, mulai dari data center hingga WAN dan LAN. Sehingga Anda mampu memberikan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dengan lebih cepat.

Bahkan dengan sumber daya TI yang terbatas, MNS memungkinkan Anda mengidentifikasi sumber jaringan atau masalah ITI dengan lebih cepat. MNS tidak hanya meningkatkan produktivitas Anda, tapi juga memberi kemampuan swalayan melalui portal-pelanggan; sebuah panel tunggal yang memungkinkan Anda melihat seluruh kinerja dan operasi ITI perusahaan. Portal ini memberikan Anda kendali yang lebih besar atas layanan yang Anda miliki, meningkatkan fleksibilitas, penanganan masalah yang lebih cepat dan kemampuan menjelaskan masalah jaringan yang lebih baik. Hal ini akan membantu Andan membangun hubungan yang lebih erat dengan para pelanggan, dan memberikan mereka transparansi dalam jaringan mereka.

MNS untuk Pemeliharaan ITI

MNS dapat menyediakan perangkat yang dibutuhkan untuk mengelola dan meringkaskan ITI perusahaan Anda. Secara umum, pemeliharan ITI merujuk kepada pengelolaan oleh departemen TI terhadap aktivitas yang terkait ITI, seperti perangkat lunak, server, penyimpanan, sistem, dan SDM.
Peralatan dan aplikasi ITI umumnya memiliki usia 3 hingga 5 tahun. Selain itu, pemeliharan ITI, yang meliputi backup untuk berkas yang disimpan, pembaharuan perangkat keras dan lunak, pemasangan sistem operasi terbaru, serta perbaikan dan penggantian peralatan dan aplikasi mungkin memakan waktu dan biaya. Hal-hal ini adalah aspek dan tantangan yang tidak dapat dihindari dalam mengelola ITI Anda. Oleh karena itu, implementasi dan solusi MNS untuk perusahaan akan membantu Anda mengelola dan memelihara aspek-aspek tersebut, dan menjaga ITI Anda berjalan dengan produktivitas yang optimal dan biaya yang lebih efisien.

MNS Membantu Anda untuk Fokus pada Inti Bisnis

Peningkatan yang disebabkan oleh implementasi MNS akan membantu Anda untuk fokus terhadap inti bisnis Anda, dan terhadap apa yang perusahaan Anda tawarkan kepada pelanggan. Dengan implementasi solusi MNS secara menyeluruh, perhatian Anda tak akan lagi terpecah untuk mengelola ITI. Anda bisa fokus kepada hal terbaik yang bisa Anda lakukan: bisnis Anda.

Keberhasilan pengelolaan ITI Anda tergantung kepada penyedia layanan MNS yang Anda pilih. Telkomtelstra menawarkan layanan menyeluruh dan kerangka kerja jaminan MNS yang efisian dan efektif untuk mengelola ITI Anda. Hal ini membantu Anda untuk tetap fokus pada bisnis utama, bukan pada pengelolaan infrastruktur TI sehari-hari.