Blog

SD-WAN, Solusi Transformasi Jaringan Perusahaan di Era Digital

Rab 07 Agustus 2019, telkomtelstra

Sebagai pelaku bisnis, tentu Anda menyadari bahwa untuk dapat bersaing dengan kompetitor, Anda harus siap transformasi bisnis ke digital. Oleh karena itu, teknologi terkini perlu segera diterapkan untuk mendukung operasional bisnis berjalan dengan efektif dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Saat ini, ada sekitar 8% perusahaan lokal yang menerapkan transformasi digital secara menyeluruh sampai ke customer experience. Menurut perusahaan riset pasar IDC (International Data Corporation) jumlah ini diprediksi terus meningkat. Pada tahun 2021, ada 20% perusahaan yang melakukan transformasi digital dalam keseluruhan operasional bisnisnya.

Untuk mendukung kelancaran tranformasi digital bisnis Anda, tentu dibutuhkan infrastruktur jaringan yang memadai. Dalam acara Telkomtelstra Digital Summit tanggal 14 November 2018 yang lalu, Telkomtelstra memaparkan pentingnya perusahaan melakukan transformasi jaringan dengan menggunakan SD-WAN dalam workshop bertema “SD-WAN – Transforming Network Operation.”

SD-WAN, Generasi Baru dari WAN

Bagi perusahaan besar dengan kantor cabang yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, tidak cukup mengandalkan teknologi jaringan area luas (WAN) tradisional untuk menghubungkan jaringan antara pusat data (data center), kantor pusat, dan kantor cabang yang jaraknya terpisah jauh. Kenapa? Ini karena pengoperasian WAN tradisional membutuhkan banyak perangkat dengan kompleksitas dan biaya tersendiri. Kekurangan WAN tradisional selanjutnya adalah pengendalian, konfigurasi, pengelolaan perangkat di semua lokasi jaringan perusahaan harus dilakukan di setiap kantor cabang. Hal ini menyebabkan perusahaan harus mengirimkan dan menempatkan beberapa tenaga ahli di kantor cabang, akibatnya biaya operasional menjadi mahal. Belum lagi aspek keamanan (security) dalam jaringan yang dipertanyakan di tengah meningkatnya ancaman cybersecuritydi Indonesia. Lalu apa solusinya?

Untuk mengatasi keterbatasan WAN tradisional, saat ini pemilik bisnis perlu mempertimbangkan beralih ke SD-WAN. Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN) adalah teknologi terkini yang dapat menyederhanakan konfigurasi dan operasional jaringan, dan mempermudah Anda mengakses seluruh jaringan perusahaan melalui teknologi cloud kapan pun dan di mana pun, termasuk pusat data dan kantor cabang yang tersebar di berbagai wilayah.

Kenapa Perusahaan Anda Membutuhkan SD-WAN?

Banyak perusahaan memiliki infrastruktur yang rumit di kantor cabang mereka yang biasanya terdiri dari berbagai perangkat seperti routerBandwidth ManagementWAN optimizersfirewall, dan komponen lainnya. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap rumitnya pengelolaan maupun pembelian dan pemeliharaan perangkat-perangkat yang ada. SD-WAN pada dasarnya mampu menyederhanakan WAN tradisional, di mana teknologi SD-WAN mengemas beberapa fitur terpenting dari perangkat yang dibutuhkan – dengan mempertimbangkan hal-hal yang dibutuhkan perusahaan yang tentunya berbeda-beda satu sama lain seperti bandwidth management, performa aplikasi, security, dan juga biaya – dan menggabungkannya bersama.

Simplifikasi teknologi di SD-WAN dengan cloud kemudian dapat memberi kekuatan kepada perusahaan untuk mendistribusikan aturan, melakukan perubahan policy, dan konfigurasi baru di seluruh jaringan dengan skala apa pun dalam hitungan detik dari tempat di mana saja. Oleh karena itu, pembaharuan kebijakan (update policyseperti security dan credential info) yang cukup rumit dilakukan oleh topologi WAN tradisional, akan bisa dipermudah dengan SD-WAN.

Hal ini memberikan keuntungan kepada enterprise dari sisi biaya operasional untuk tenaga kerja. Perusahaan tidak perlu lagi mengirimkan atau menaruh banyak tenaga ahli perusahaan di kantor cabang untuk mengendalikan maupun mengontrol jaringan di setiap lokasi perusahaan, dimana semua bisa dilakukan melalui aplikasi SD-WAN via cloud. Dengan cara ini, perusahaan tidak memerlukan banyak tenaga ahli dan dapat menghemat biaya.

Reliabilitas tinggi juga merupakan kekuatan utama dari SD-WAN. Untuk memberikan layanan dan aplikasi yang diperlukan untuk menjalankan fungsi bisnis utama, perusahaan dengan multilokasi memanfaatkan WAN untuk menghubungkan kantor cabang yang berjarak jauh ke pusat data dan kantor pusat. Namun, ketika jarak jaringan diperpanjang semakin jauh dan beragam, tantangan operasional seperti jitterpacket lossnetwork congestion, dan outages kerap kali terjadi. Teknologi jaringan yang tersedia untuk mengatasi masalah ini biasanya memerlukan biaya tinggi dan tidak efisien untuk diterapkan. Hal ini jadi tantangan dan batasan untuk perusahaan dengan bisnis operasional serba cepat yang berfokus pada efisiensi dan ekspansi. Kehadiran SD-WAN memberikan kemampuan untuk menggabungkan beberapa koneksi WAN yang berbeda termasuk internet secara menyeluruh untuk bertindak sebagai satu bagian. Ini berarti bahwa jika satu koneksi gagal, SD-WAN dapat mengeluarkan automatic failover ke koneksi cadangan Anda. Dengan kata lain, SD-WAN memberikan jaminan performa layanan untuk konektivitas Anda secara real time.

Selain itu, SD-WAN juga memberikan kemampuan signifikan untuk perusahaan dalam meningkatkan efisiensi WAN tanpa mengorbankan keamanan jaringan. Teknologi ini mampu mengurangi ancaman keamanan melalui enkripsi yang komprehensif dan micro-segmentation yang tentunya dapat mengamankan aliran data.

MNS SD-WAN Sebagai Pilihan Tepat untuk Perusahaan Anda

Kemudahan deployment, pengelolaan terpusat, penyerdehanaan perangkat dan efisiensi biaya menjadikan SD-WAN opsi yang menarik untuk banyak bisnis di pasar global. Perusahaan konsultan Gartner, memperkirakan pengeluaran perusahaan untuk SD-WAN akan naik sebesar 76,3% setiap tahunnya.

Gartner melihat bahwa perusahaan bisa mendapatkan berbagai keuntungan dengan menggunakan layanan MNS SD-WAN. Pertama, perusahaan dapat mengurangi pengeluaran biaya tenaga ahli hingga 35% dan biaya penambahan staf hingga 21%, karena hal ini sudah terpenuhi dari layanan provider. Kedua, perusahaan dapat menghemat pengeluaran capex (belanja modal) dan opex (biaya operasional) hingga 21%. Sebab, penerapan SD-WAN dapat meminimalkan penggunaan perangkat, mengurangi biaya perawatan instalasi jaringan, dan juga mengurangi biaya tenaga. Ketiga, dengan tercapainya efisiensi capex dan opex, maka perusahaan dapat memprediksi harga jual produk dengan lebih baik hingga 22%.

Jadi, apakah perusahaan Anda sudah siap transformasi ke digital? Dengan menerapkan SD-WAN, Anda dapat mendukung keberlangsungan usaha di era yang kompetitif. Tapi tantangan pun dapat ditemui dari dari sisi manajemen, dimana perusahaan kekurangan staf ahli yang mengerti soal penerapan teknologi jaringan terbaru ini. Untuk itu, pelaku bisnis bisa memanfaatkan layanan MNS (Managed Network Services) SD-WAN dari provider yang terpercaya.