Blog

Indonesia Global Delivery Centre – Go International bersama Talenta Terbaik Indonesia

Jum 22 April 2022, telkomtelstra

Digiserve senantiasa menegaskan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada semua customer, baik bagi para pelaku industri, logistik, ritel, perbankan, telekomunikasi, transportasi hingga Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK).

Dengan SDM yang unggul dan produk-produk yang berkualitas, tentunya hal tersebut merupakan jaminan untuk bisa memberikan layanan yang sangat memuaskan kepada customer. Saat ini Digiserve memiliki karyawan dengan kompetensi high skilled, dan beberapa di antaranya telah memiliki sertifikasi tingkat internasional.

Dari segi jaminan layanan, Digiserve juga mencatatkan skor Service Level Agreement yang tinggi, yaitu 99,85% (melampaui target 99,5%) dan berhasil memperoleh Net Promoter Score 73% (melebihi target 56%).

Kompetensi SDM Digiserve yang high skilled ini merupakan bagian dari talenta-talenta profesional di Indonesia yang memiliki keunggulan di bidang IT. Dengan kemampuan tersebut, membuat mereka banyak dibutuhkan oleh perusahaan lokal maupun global yang tidak hanya beroperasi di Indonesia, tetapi juga di luar negeri.

Terutama selama masa pandemi, banyak industri di Indonesia yang memaksimalkan sumber daya di bidang teknologi dan digital dalam hal pemasaran, penjualan, promosi, dan lain-lain. Tak hanya perusahaan yang berfokus di bidang IT dan teknologi, tapi banyak juga perusahaan konvensional yang sudah menyadari pentingnya untuk go digital. Transformasi digital inilah yang membuat banyak perusahaan saat ini membuka lowongan di bidang teknologi dan digital.

Tentu saja, dengan adanya talenta-talenta profesional tersebut merupakan keuntungan tersendiri bagi Indonesia yang kini memiliki jumlah penduduk sebesar 273,87 juta jiwa per 31 Desember 2021. Dari jumlah tersebut, terdapat sekitar 201,8 juta orang (73,7%) yang memiliki akses ke internet di Indonesia pada awal tahun 2022. Sisanya, sebanyak 73 juta orang (26,3%) tidak memiliki akses internet.

Untuk mengakomodasi talenta-talenta yang mumpuni dan profesional ini, Digiserve telah mendirikan Indonesia Global Delivery Center (IGDC) sejak tahun 2018. Digiserve sebagai IT managed service provider terkemuka di Indonesia dengan sistem pengembangan talenta yang sistematis, sangat membantu para top talenta Indonesia untuk berkontribusi dan berkolaborasi secara global melalui IGDC.

IGDC Business Process

Kehadiran IGDC bertujuan untuk memberikan Professional Service yang berkualitas bagi perusahaan global yang tidak hanya beroperasi di Indonesia tetapi juga di luar negeri. Di sisi lain, IGDC bertujuan untuk menggantikan layanan yang disediakan oleh penyedia pihak ketiga di luar negara tempat organisasi beroperasi, sehingga dapat menyediakan sumber daya berkualitas tinggi dengan cost yang kompetitif secara komersial.

Satu hal lagi, dimana sistem kerja dilakukan secara 100% remote working dari Indonesia dengan mengikuti time zone tempat customer berada. Hal ini merupakan langkah strategis Digiserve agar bisa memenuhi kebutuhan customer untuk delivery projectnya di berbagai belahan dunia. Di sisi lain, Digiserve bisa berkontribusi pada ekonomi global melalui kolaborasi yang dijalin dalam ekosistem digital.

Hadirnya IGDC, memberikan kesempatan bagi talenta terbaik di Indonesia untuk masuk ke pasar global, sehingga memungkinkan organisasi customer beroperasi menggunakan sumber daya dari dalam negeri tanpa mengeluarkan biaya berlebih. Saat ini IGDC telah memberikan layanan professional service untuk beberapa perusahan telekomunikasi terkemuka di Australia dan China serta perusahaan IT dan Connectivity di Australia.

Ada dua model opsi untuk berkolaborasi dengan IGDC. Pertama, berdasarkan Project Based, dimana talenta/resource akan ditugaskan di tempat customer sesuai dengan jangka waktu project. Kedua, menggunakan sistem Resource Augmentation (Dedicated Profesional Service), dimana customer akan memperoleh dedidated professional service yang dapat terlibat dalam pekerjaan yang bersifat Business as Usual maupun menjadi bagian dari resource pool yang ada di customer untuk jangka waktu minimal 1 tahun. Secara dedicated, resource tersebut akan ditugaskan ke customer . Layanan profesional IGDC mulai dari Project Manager, International Roaming Tester Engineer, Device Accrediation Engineer, Service Solution Architect, Third Party Manager/ Contract manager, Mobile Support Analyst, Sales Support Analyst, Regional Director, IT Support Management (ITSM) developer dan Business Analyst.

IGDC Professional Services Support

Selain itu, IGDC juga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, produktivitas, dan hasil yang berkualitas. Kemudian dapat menjaga Hak Kekayaan Intelektual sekaligus melakukan kontrol yang lebih besar terhadap bagaimana cara kerja dilakukan serta dapat memberikan kontribusi keuntungan.

Alasan lain global company memilih berkolaborasi dengan IGDC karena Strategic Positioning IGDC di Indonesia yang mampu menjangkau berbagai negara di Asia Pasifik. IGDC yang berlokasi di Indonesia mampu memberikan coverage for global delivery yang punya perbedaan waktu yang signifikan dari negara asal tempat customer berada, seperti perusahaan atau proyek yang berada di Eropa, UK, Timur Tengan dan Eropa.

IGDC value and benefit

Bagi perusahan yang fokus ke core bisnis dan memiliki rencana memperluas pasar di Asia Tenggara, IGDC di Indonesia memiliki lokasi yang strategis. Didukung juga oleh pemahaman culture dan sedikit perbedaan waktu dengan negara-negara Asia, keputusan perusahaan menggunakan Professional Service dari IGDC merupakan keputusan yang tepat.

Tak kalah penting, cost efisiensi bagi customer karena medapatkan resource dengan kompetensi global tanpa perlu melakukan investasi berupa training & IT Opex (laptop, office rental) dengan rate yang kompetitif.

Dengan kinerja seperti itu, tak mengherankan bahwa sejak dibentuk tahun 2018 hingga kini IGDC telah menerima 37 pengakuan yang luar biasa (aknowledgement) dari customer atas layanan yang memuaskan. Acknowledgment tersebut bervariasi mulai dari kontribusi resource IGDC untuk pemenangan proyek strategis, pembuatan automasi tool, hingga business process  improvement yang menyederhanakan proses bisnis customer hingga lebih efektif dan efisien.

Pengakuan internasional yang sangat besar dari para pelanggan juga terlihat dar tingkat perpanjangan kontrak (renewal) mencapai 99%, sebagian besar dari pelanggan yang merasa sangat terbantu dengan layanan yang diberikan IGDC. Selain itu, para pelanggan juga selalu ingin memperbarui kontrak mereka dan berkembang bersama IGDC dengan meminta lebih banyak sumber daya untuk bergabung sebagai bagian dari tim mereka. 

Dengan kinerja yang baik ini, Digiserve menargetkan rencana kerja ke depan yaitu mempertahankan market di Australia melalui beberapa existing customer, dan merambah market global lainnya melalui engagement dengan anak usaha Telkom lainnya untuk menyediakan solusi yang bisa mendukung global delivery. Selain itu, upaya lain yang dilakukan yaitu dengan memperkaya layanan yang tidak hanya Profesional Services, tetapi juga di bundling solution dengan product/service Digiserve lainnya sehingga menjadi suatu solusi yang komperhensif baik untuk pasar lokal maupun global.