Blog

SDWAN Meraki – Smart Solution to Simplify Your Business

Kam 09 Desember 2021, telkomtelstra

Ketika menggunakan beberapa uplink WAN (Wide Area Network), salah satu hal menarik yang akan ditunjukkan oleh dashboard Meraki adalah jalur mana yang akan digunakan untuk aliran data tertentu beserta alasannya. Misalnya, saat satu jalur dipilih di atas yang lain karena lalu lintas VoIP (voice over IP) sedang dikirim dan tautan yang dipilih memiliki latensi yang lebih rendah. Sementara, Meraki menggabungkan semua aspek konfigurasi, pemantauan, dan manajemen SD WAN ke dalam satu pengontrol berbasis cloud, Viptela menggunakan arsitektur yang berbeda dengan mendedikasikan fungsi tertentu untuk peralatan individu. Hal ini memungkinkan penggunaan skala yang lebih besar dan lebih luas.

Bagaimana Cisco Meraki bekerja ? 

Produk Cisco Meraki memiliki eksklusivitas, dimana hanya dikelola secara cloud-managed. Semua fitur terintegrasi ke dalam satu dashboard, dengan perangkat yang terhubung ke Cisco Meraki Cloud melalui Secure Socket Layer atau SSL

Apa yang ditawarkan Cisco Meraki ? 

Cisco Meraki menawarkan rangkaian lengkap solusi IT termasuk firewall,switch,nirkabel, dan CCTV. Dimana semuanya terhubung menggunakan teknologi cloud. Semua perangkat dan sistem ini dikelola melalui interface dashboard Meraki yang berbasis cloud. Bagi bisnis yang ingin mewujudkan keamanan terbaik dan memaksimalkan efisiensi, Cisco Meraki merupakan solusi penting bagi network yang berbasis Wi-fi dan perangkat yang terhubung dengannya.

Keunggulan Cisco Meraki

  • Cisco Meraki menawarkan dashboard terpusat, yang merupakan solusi terbaik dalam manajemen multi-site, dan berinteraksi dengan perangkat keras network yang menggunakan kabel maupun nirkabel. 
  • Cisco Meraki memiliki fitur Next Generation Firewall (NGFW) yang dapat bertindak sebagai Intrusion Detection System / Intrusion Prevention System (IDS/IPS), dengan menyediakan penyaringan konten dan pembatasan geo-IP, yang memungkinkan Anda untuk dapat membatasi konektivitas ke berbagai belahan dunia, di seluruh layanan Internet Global
  • Dengan Zero Touch Provisioning (ZTP), perangkat dihidupkan melalui konfigurasi kosong dan menggunakan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) untuk mendapatkan alamat IP sehingga dapat terhubung ke Internet. Setelah konektivitas Internet dibuat, perangkat SD WAN akan menghubungi controller SD WAN dan mengunduh konfigurasi yang telah ditentukan untuk alat tertentu, dalam hal ini Cisco Meraki, menggunakan serial number dari perangkat. ZTP membuat perangkat  dapat dikirim tanpa perlu adanya prakonfigurasi, sehingga dapat menghemat waktu dan sumber daya lainnya
  • Dashboard Meraki akan menunjukkan statistik lalu lintas yang berbeda termasuk kinerja tautan dan pemanfaatan berdasarkan aplikasi. Meraki juga mendukung interaksi dengan REST API (Representational State Transfer; Application Protocol Interface), serta metode akses pengumpulan data tradisional seperti Simple Network Management Protocol (SNMP), syslog, dan NetFlow.
  • Network administrator juga dapat melakukan penyesuaian pada bandwidth, yang memudahkan pengendalian traffic network pada saat overload. Kemudian, juga dapat memberlakukan aturan dan kebijakan yang melarang penggunaan suatu aplikasi atau website untuk jangka waktu tertentu atau tanpa batasan waktu, sehingga kinerja dapat lebih terpantau untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja. 
  • Cisco Meraki mampu merespons kebutuhan penambahan perangkat secara mengagumkan. Kemudahan skalabilitas yang dimiliki Cisco Meraki, memungkinkan network untuk tumbuh seiring dengan perkembangan bisnis atau organisasi.  
  • Keamanan yang optimal adalah salah satu fitur utama Cisco Meraki, dengan teknologi visibilitas Layer 7 yang terintegrasi tanpa biaya tambahan.

Fitur spesifik Cisco Meraki 

  • Network administrator dapat melihat Wi-Fi network secara menyeluruh, dan mampu menelusuri detil pembatasan website dan aplikasi pada saat dibutuhkan. 
  • Adanya teknologi visibilitas Layer 7, memungkinkan semua traffic yang melalui interface dapat dienkripsi. 
  • Business compliance yang lebih terjamin dengan General Data Protection and Regulation (GDPR) dan ISO 20071. 
  • Terdapat beberapa pusat keamanan secara redundant di seluruh dunia, mampu menjamin akses network secara konstan. 
  • Two-factor authentication dapat diaktifkan sebagai lapisan keamanan tambahan tanpa biaya tambahan, misalnya dengan menggunakan akses permission dari telepon seluler administrator, selain melalui login standar. 
  • AirMarshal milik Cisco Meraki, memberikan keamanan secara terus-menerus dengan memindai jaringan nirkabel dari ancaman dan menghilangkannya sebelum mereka sempat menimbulkan masalah. 
  • Produk Cisco Meraki memiliki fitur otomatis update. Patch dan firmware updates ditambah dengan adanya fitur baru yang diluncurkan setiap tiga bulan tanpa biaya tambahan, dan update dapat dipicu secara manual. Cisco Meraki memastikan tidak ada celah, serta software dan update terbaru selalu ter-install untuk menjaga bisnis tetap aman dan terjamin. 
  • Manajemen cloud memungkinkan untuk mengakses dari lokasi mana pun, bukan hanya kantor. Perangkat apa pun yang terkoneksi ke internet dapat berinteraksi dengan Cloud Dashboard.

Kesimpulan

Meraki dirancang untuk menciptakan kesederhanaan dan kemudahan penggunaan di atas segalanya yang membuat penerapan solusi Meraki SD WAN sempurna, jika bisnis Anda tidak memiliki persyaratan khusus yang sangat spesifik atau jika staf pendukung Anda kurang memahami hal teknis. Viptela memiliki lebih banyak fitur canggih yang tersedia yang membutuhkan tingkat pengetahuan teknis yang lebih tinggi untuk mencapai arsitektur jaringan yang tepat, meskipun jika Anda memiliki kebutuhan jaringan tertentu seperti dukungan IPv6 atau multicast, solusi Viptela dapat menyesuaikan dengan memiliki lebih banyak opsi konfigurasi.

Sumber: