Corporate Social Responsibility

Sejak awal berdirinya, Digiserve telah berkomitmen untuk menjadi organisasi yang bertanggung jawab secara sosial. Pada tahun 2019, program CSR Digiserve difokuskan pada tema  “Technology and Digital Transformation in Our Society”. Terdapat empat inisiatif utama yang dijalankan pada tahun tersebut, yaitu:

  1. Implementasi Cloud Contact Center untuk Komnas Perempuan

Digiserve telah menyelesaikan implementasi teknologi Cloud Contact Center bersama ipSCAPE di Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan), serta melaksanakan sesi pelatihan untuk para relawan pada tahun 2019. Implementasi sistem ini telah meningkatkan jumlah panggilan keluar (outbound call) Komnas Perempuan hingga 65%, dari 367 panggilan pada 2018 menjadi 559 panggilan pada 2019. Inisiatif ini juga mendapat pengakuan di forum nasional dan internasional, termasuk dua forum PBB di New York dan Jenewa.

  1. Investasi di Dunia Pendidikan: Kemitraan dengan Universitas di Indonesia

Digiserve berhasil mengimplementasikan solusi Multi-Channel Communication “Whispir” bersama Telkom University yang telah digunakan sepenuhnya pada tahun 2019. Kami juga berpartisipasi dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangkaian acara Industrial Gathering yang diselenggarakan oleh Telkom University. Selain itu, bekerja sama dengan Divisi HR dan Indonesian Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE), kami melakukan serangkaian kunjungan kampus ke Telkom University, Binus University, Universitas Indonesia, dan Institut Teknologi Bandung untuk kegiatan rekrutmen talenta, sesi berbagi produk, serta kampanye pemberdayaan perempuan di bidang STEM.

  1. Mendorong Keberagaman dan Inklusi di Tempat Kerja

Program “Brilliant Connected Women” dari Digiserve terus berkembang dan memperkuat jejaring bersama para pemegang saham, mitra, pelanggan, serta organisasi profesional lainnya. Kami juga menjalin kemitraan strategis dengan IBCWE untuk mendorong keberagaman dan inklusi di lingkungan kerja, termasuk melalui Gender Bias Training, ILO Training, Women Network Leadership Training, dan Youth Leadership Training. Selain itu, kami menginisiasi program “Youth Takeover” yang memberikan kesempatan bagi lima karyawan muda untuk mengambil alih peran Tim Kepemimpinan Eksekutif selama satu hari. Program ini mendapat pengakuan di berbagai forum nasional dan internasional, termasuk dalam AWEN CEO Summit di Bangkok.

  1. Program Donasi dan Relawan Ramadan

Pada bulan suci Ramadan 2019, Digiserve menginisiasi program donasi dan kegiatan relawan bagi karyawan untuk berinteraksi langsung dengan anak-anak di Yayasan Mizan Amanah dan Yayasan Anyo Indonesia.

Selain itu, Digiserve terus mengembangkan program CSR berkelanjutan dengan partisipasi aktif dari seluruh lapisan organisasi. Sepanjang 2019, pelaksanaan program CSR juga diperluas agar mencakup kerangka kerja CSR berbasis ISO 26000, yang mencakup tata kelola organisasi, hak asasi manusia, praktik ketenagakerjaan, lingkungan, operasional yang adil, edukasi konsumen, inovasi, serta pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

Kami terus berkomitmen untuk bertindak secara bertanggung jawab, etis, dan ramah lingkungan dalam setiap aspek operasional kami. Digiserve juga mendorong kebiasaan ramah lingkungan dengan mengajak karyawan untuk menggunakan secara bijak kertas dan plastik demi menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Kami juga telah menandatangani dan mendukung Women’s Empowerment Principles (WEPs), serta berkomitmen untuk menerapkan ketujuh prinsip tersebut secara nyata. Ini mencakup kepemimpinan perusahaan tingkat tinggi dalam kesetaraan gender, perlakuan adil terhadap perempuan dan laki-laki di tempat kerja, penghormatan terhadap hak asasi manusia dan non-diskriminasi, menjamin kesehatan dan keselamatan pekerja, mendorong pendidikan dan pengembangan profesional bagi perempuan, pelibatan perempuan dalam rantai pasok dan kegiatan pemasaran, serta keterlibatan dalam advokasi dan pelaporan publik atas kemajuan yang dicapai dalam kesetaraan gender.