Kabar Berita

Telkomtelstra Ungkap Cara Bekerja Secara Produktif dan Penuh Semangat di Tengah Pandemi

Sab 10 April 2021, telkomtelstra

JAKARTA, 1 April 2021 – Setelah setahun pandemi berlangsung, perusahaan dan para pekerja kini sudah mulai bisa beradaptasi dengan pola kerja yang baru. Perusahaan mulai bisa beradaptasi mengelola lingkungan kerja untuk menjaga produktivitas bisnis agar tetap bisa berjalan dengan baik karena para pekerja banyak yang harus bekerja dari rumah.

President Director Telkomtelstra Erik Meijer menjelaskan pandemi Covid-19 berdampak pada bisnis dan kehidupan para pekerja. Dahulu pekerja dapat mengatur antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Namun saat pandemi, aktivitas fisik di kantor telah beralih ke ‘kerja virtual’ atau ‘tempat kerja digital’.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi, Telkomtelstra ikut mendorong mengelola lingkungan kerja agar tetap produktif di kala pandemi melalui webinar yang diselenggarakan oleh Youth Council Telkomtelstra dengan mengusung tema Passionate Life and Excellent Career with Work-Life Integration.

“Acara ini diorganisir oleh Youth Council Telkomtelstra sebagai organisasi internal Telkomtelstra yang semua anggotanya merupakan milenial dan merupakan suara kaum muda di Telkomtelstra. Youth Council Telkomtelstra dibentuk lebih dari satu tahun yang lalu, sebagai sarana diskusi, juga memberi masukan kepada pimpinan perusahaan,” kata Erik, Kamis (1/4).

Dia menjelaskan, webinar tersebut berangkat dari keresahan generasi milenial saat bekerja di era pandemi. Mereka beranggapan bekerja tidak produktif hingga kurang mendapatkan bimbingan oleh atasan-atasannya, karena tidak face to face tapi melalui teknologi. “Teknologi ini bisa sangat membantu tapi kalau tidak diterapkan dengan baik bisa juga menjadi hambatan,” jelasnya.

Senada dengan Erik, Rektor Mahakarya Asia University, Ferro Ferizka Aryananda mengatakan, para pekerja harus memanfaatkan teknologi atau bertransformasi digital untuk mengintegrasikan kehidupan pribadi dan pekerjaan. Karena transformasi digital akan mendukung pekerjaan supaya lebih efektif dan efisien.

“Kita sudah bekerja di rumah selama lebih dari satu tahun, kita akan kembali ke kantor, walaupun sudah ada vaksin konsisinya tidak akan sama tetap ada di kondisi new normal, sebagian kerja di rumah sebagian kerja di kantor, sehingga harus bertransofrmasi ke era digital,” kata Ferro.

Namun, kata dia, transformasi digital tanpa jiwa hanyalah sebuah alat. Untuk itu harus mengadopsi teknologi supaya mengubah proses bisnis yang lama mengjadi efisien. Teknologi menjadikan orang lebih produktif tapi harus berdasarkan culture.

“Dahulu orang bekerja sesuai jam kerja namun adanya pandemi mengubah semuanya. Orang dahulu bekerja secara teratur namun saat pandemi kapanpun bisa meeting hingga lupa waktu, tanpa adanya culture yang bagus mengakibatkan orang menjadi stres,” ujarnya.

Menurutnya kita tidak perlu mengikuti organisasi lain atau dipaksakan namun gali potensi diri yang ada. Adanya teknologi sangat membantu namun jika dipaksakan harus melihat kesiapan organisasi tersebut. “Banyak orang mengacu pada bagaimana Microsoft melakukan sesuatu, namun lupa culture kita sendiri. Kita tinggal mengenali potensi diri dan menyesuaikan teknologi dengan kebutuhan yang ada,” jelas Ferro.

Sementara Dhany Soepardi, Service Solution Architect Telstra menceritakan pengaturan kerja jarak jauh sebelum dan saat pandemi jauh berbeda. Jika dulu membayangkan kerja jarak jauh bisa di pinggir pantai, kini harus ada di dalam sebuah ruangan.

Selain itu, tidak adanya jam kerja membuat pekerja tidak mempunyai waktu pribadi dan waktu bersama keluarga. Kesendirian juga menghinggapi akibat tidak adanya interaksi fisik atau bertatap muka secara langsung antar pekerja.

“Memang tidak mudah bekerja di era pandemi, kapanpun bisa mengerjakan pekerjaan. Tiba-tiba ada pesan instan masuk tentang pekerjaan saat malam dan harus langsung dikerjakan. Kemudian biasanya berinteraksi dengan orang kantor namun kini jadi tidak bisa,” jelas Dhany.

Dari sisi psikologis manusia, Psikolog Klinis, Tara de Thouars menjelaskan masyarakat khususnya para pekerja tidak bisa menghindari bercampurnya waktu pekerjaan dengan kehidupan pribadi di tengah pandemi.  Sehingga dituntut untuk menjalankan dua peran secara bersamaan.

Menurutnya, otak pekerja dipaksa untuk mengurus sesuatu secara bersamaan. Padahal tidak semua orang dapat beradaptasi dengan baik. Meskipun tempat kerja digital pasti bermanfaat, transisi bisa jadi sulit dan menemukan keseimbangan dalam hidup dan bisa menjadi lebih rumit.

Tara mengungkapkan, untuk mengatasi kehidupan yang rumit itu, tidak cukup membagi waktu karena ritme kerja sudah berubah. Caranya yaitu mengelola lingkungan kerja dari rumah untuk menciptakan integrasi kehidupan kerja yang lebih baik.

“Dulu menyeimbangkan waktu dan pekerjaan. Kalau sekarang mengintegrasikan pekerjaan dan kehidupan prbadi secara bersamaan. Bukan berarti temenin anak belajar sambil mengerjakan pekerjaan, otomatis anak merasa tidak diperhatikan,” ujar dia. “Kuncinya, kita sepenuhnya harus hadir dan fokus terhadap apapun tugas yang sedang dilakukan, setelah selesai baru pindah ke hal yang lain. Karena kita tidak bisa melakukan pekerjaan multitasking, sehingga salah satu pasti tidak akan maksimal,” pungkasnya.


Tentang Telkomtelstra

Telkomtelstra adalah perusahaan patungan antara PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom Indonesia) yang merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan Telstra Corporation Limited (Telstra) yang merupakan perusahaan telekomunikasi dan layanan informasi terkemuka di Australia.

Telkomtelstra menyediakan portfolio produk dan solusi teknologi terdepan seperti Managed Network ServicesManaged Security Servicesdan Managed Cloud Services untuk membantu peningkatan transformasi digital di Indonesia. Melalui pemahaman akan pasar lokal dan juga pengalaman menyediakan layanan managed solutions kelas dunia, Telkomtelstra telah berhasil mendukung perusahaan-perusahaan Indonesia untuk memanfaatkan layanan solusi terkelola dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis.

Kontak Media
Rey Sihotang, Head of CEO Office and Corporate Secretary, VP
081389793611
Email: rey.sihotang@telkomtelstra.co.id