Blog

Jangan Abaikan Risiko Serangan Cyber di Cloud, Optimalisasi Keamanan SD-WAN Jadi Solusi Utama

Kam 15 Oktober 2020, telkomtelstra
Optimizing SD-WAN Security for Cloud first-Enterprise

Pertumbuhan pesat akan kebutuhan cloud dalam beberapa tahun ke belakang masih menyisakan tantangan dan risiko yang perlu dicermati seksama. Ketika memperluas penggunaan aplikasi cloud, kantor cabang mengadopsi perangkat lunak jaringan area luas yang ditentukan (software defined wide area network/ SD-WAN) untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja. SD-WAN telah terbukti menjadi teknologi transformasional untuk mengoptimalkan pemanfaatan bandwidth jaringan. Selain itu, penggunaan solusi jaringan tercanggih ini dapat meningkatkan kinerja aplikasi serta meningkatkan visibilitas jaringan di sejumlah cabang yang tersebar luas.

Namun, langkah untuk menghubungkan kantor cabang secara langsung ke internet bukannya tanpa tantangan dan risiko. Justru koneksi langsung antara kantor cabang dan internet dapat meningkatkan risiko baru serangan dunia maya, sekaligus meningkatkan biaya tinggi untuk manajemen keamanan. Karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki kemampuan dalam mengelola ancaman dunia maya yang meningkat saat ini. Caranya, dengan mengamankan koneksi SD-WAN ke cloud.

Didukung oleh teknologi global terdepan, solusi Telkomtelstra Managed SD-WAN menjamin kinerja dan keamanan aplikasi perusahaan serta cloud melalui internet dan hybrid-WAN, sekaligus secara signifikan menyederhanakan penggunaan dan mengurangi biaya.

Pada September 2020 lalu di Webinar bertajuk ‘Mengoptimalkan Keamanan SD-WAN untuk Cloud First-Enterprise’ yang digelar hasil kolaborasi dengan VMware dan Check Point, Telkomtelstra menunjukkan cara mengamankan koneksi SD-WAN kantor cabang ke cloud. [Untuk melihat sesi webinar, klik di sini.]

Dari diskusi itu, sedikitnya terdapat 5 poin krusial yang menjadi sorotan utama, meliputi:

• Perlu disadari, koneksi kantor cabang secara langsung ke internet secara signifikan meningkatkan risiko keamanan dan biaya manajemen keamanan. Kantor cabang tidak lagi dilindungi oleh keamanan terpusat dari data center, yang membuat mereka dan WAN perusahaan rentan disusupi serangan cyber yang makin canggih.

• Karena itu, perusahaan perlu memiliki solusi WAN canggih yang dilengkapi dengan teknologi keamanan yang mampu melindungi koneksi kantor cabang ke cloud dari ancaman cyber, dengan skalabilitas dinamis, layanan cerdas, dan kontrol yang konsisten.

Telkomtelstra Managed SD-WAN menyediakan konektivitas SD-WAN end-to-end dengan solusi keamanan yang dapat digunakan dengan cepat di semua kantor cabang dan selalu up to date dengan keamanan terkini.

• Bekerja sama dengan berbagai mitra teknologi terkemuka untuk memberikan solusi SD-WAN terbaik di Indonesia termasuk Check Point dan VeloCloud, yang kini menjadi bagian dari VMware, Telkomtelstra memungkinkan organisasi untuk mendapatkan produktivitas terbaik aplikasi berbasis SaaS di cabangnya tanpa harus pusing memikirkan masalah keamanan data melalui internet atau WAN hybrid.

• Layanan keamanan Check Point melindungi koneksi kantor cabang ke cloud melalui:

  • Pencegahan ancaman dalam daftar teratas yang diperbarui secara real-time dengan kecerdasan cloud terbaru
  • Sebuah platform pencegahan ancaman dan manajemen akses terpadu yang dapat mengurangi biaya operasional
  • Integrasi yang lancar tanpa kendala dengan VMware SD-WAN

Hubungi Telkomtelstra untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana organisasi Anda bisa mengoptimalkan manfaat dari SD-WAN tanpa harus khawatir tentang masalah keamanan cyber.