Blog

SD-WAN Automation Solusi Sederhanakan Network Operation

Sen 23 Mei 2022, telkomtelstra

Salah satu ciri perusahaan modern tergambar pada sistem kerja yang dilaksanakan, mulai dari pimpinan hingga karyawannya yang memiliki sikap, cara berpikir, dan bertindak sesuai perkembangan jaman. Pelaksanaan kerja dalam perusahaan mengutamakan profesionalisme sesuai dengan tuntutan zaman. Bekerja analitis, sistematis, rational, terbuka dan demokratis.

Di sisi lain, dalam menuntaskan pekerjaan juga mengedepankan penggunaan teknologi baru dalam melakukan komunikasi, pengumpulan, pengolahan dan pengelolaan data yang terus berkembang. Oleh karena itu diperlukan modernisasi platform dengan dukungan teknologi mumpuni agar perusahaan semakin memiliki daya saing sehingga akan meningkatkan performance bisnis perusahaan.

Modernisasi platform dengan teknologi mumpuni ini penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan di era digital  yang semakin tinggi serta mendorong perusahaan semakin agile.  Teknologi mumpuni ini disematkan pada Software Define-Wide Area Network (SD-WAN) yang memiliki solusi jaringan yang lincah, fleksibel, terukur, konsisten dan aman dalam operasionalnya.

SD-WAN adalah sebuah inovasi teknologi yang mampu meningkatkan efektivitas pelanggan dalam mengoperasikan jaringan perusahaan. SD-WAN memungkinkan pelanggan melakukan modernisasi dan otomasi jaringan perusahaan dengan memanfaatkan layanan cloud network menggunakan konektivitas internet maupun Internet Protocols Virtual Private Network atau disingkat IP VPN.

Untuk menyederhanakan operasional dengan SD-WAN, perlu diingat bahwa SD-WAN Automation tidak dibutuhkan jika jumlah perangkat yang di-managed sedikit. Namun, lain halnya jika jumlah perangkatnya banyak.

Misalnya, seorang pelanggan yang memiliki jumlah perangkat ribuan. Ketika akan mengubah setting DNS Server, tentu tidak mungkin login ke perangkat manual secara satu per satu untuk melakukan perubahan tersebut. Langkah ini jelas tidak efisien karena memakan banyak waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk menyelesaikan konfigurasi tersebut. Belum lagi apabila terjadi human error, seperti kesalahan setting atau setting yang tidak sama antar-perangkat.

Berbagai brand SD-WAN telah dibekali fitur template yang berguna untuk mengatasi sejumlah permasalahan yang dihadapi pelanggan. Jika terjadi perubahan setting maka bisa dilakukan hanya satu kali saja koreksi pada template dan secara otomatis akan langsung memperbarui setting semua perangkat yang terhubung dengan template tersebut.

Meski demikian, fitur template tersebut hanya bisa digunakan untuk operasi sederhana, misalnya seperti contoh diatas yaitu setting DNS (Domain Name Server), SNMP (Simple Network Management Protocols), NTP (Network Time Protocol) dan lainnya.

Permasalahan mulai muncul ketika ada kebutuhan setting yang lebih kompleks. Misalnya, penambahan static route dimana variable next hop-nya harus diambil dari setting di setiap masing-masing perangkat. Untuk kasus seperti ini maka fitur template tidak efektif dan tidak bisa digunakan.

Salah satu solusinya dengan menggunakan custom SD-WAN Automation yang mampu menyelesaikan permasalahan tersbut. SD-WAN menjawabnya dengan menyediakan teknologi Application Programming Interface (API).

API di SDWAN ini memberikan fleksibilitas untuk mengembangkan custom Automation dari berbagai aspek kebutuhan. Bukan hanya untuk perubahan setting perangkat secara cepat, namun juga Automation dalam proses staging, sistem proactive monitoring, reporting dan juga firmware upgrade.

Meskipun teknologi API di SD-WAN menawarkan banyak kemudahan. Namun, sebenarnya ada tantangan yang dihadapi. Pertama, adanya kemungkinan custom SD-WAN Automation tidak bisa berfungsi ketika firmware SD-WAN controller diperbarui, misalnya saat terjadi perubahan nama variable.

Brand SD-WAN yang berbeda-beda tentu saja memiliki metode pengambilan dan pengolahan data yang tidak sama. Setiap jenis brand membutuhkan system custom SD-WAN Automation yang berbeda-beda pula. Untuk mempercepat proses pembuatan custom SD-WAN Automation diperlukan Network Engineer yang memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang Network Programming dengan bahasa pemrograman yang umum digunakan yaitu Python beserta format datanya JSON.

Digiserve sebagai perusahaan IT Managed Solution memiliki resource yang handal dan tentunya mumpuni dalam bidang teknologi. Komitmen ini dibuktikan dengan sertifikasi di level internasional yang dimiliki oleh SDM Digiserve, yang juga mendukung pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. Dengan keunggulan ini, memberikan jaminan bahwa perusahaan mampu memberikan pelayanan terbaik yang dapat memberikan kepuasan terhadap pelangggan.