Kabar Berita

Digiserve Raih TOP GRC Awards 2022, Bukti Komitmen dan Konsistensi Penerapan Governance, Risk dan Compliance dalam Operasional Bisnis

Sel 13 September 2022, telkomtelstra

JAKARTA, 08 September 2022 PT Digital Aplikasi Solusi atau lebih dikenal sebagai Digiserve by Telkom Indonesia berhasil mencatat prestasi yang membanggakan dengan sukses meraih dua penghargaan prestisius dalam ajang TOP GRC (Governance, Risk and Compliance) Awards 2022 yang mengusung tema “GRC Empowerment in Digital Era and Its Support to G20 Indonesia Presidency”.

Dua penghargaan yang diraih oleh Digiserve pada tahun ini adalah TOP GRC 2022 #4 Stars atau meraih Bintang Empat dengan kategori penilaian Sangat Baik untuk Perusahaan. Selain itu Digiserve juga meraih penghargaan lainnya yaitu The Most Committed GRC Leader 2022 untuk Ahmad Hartono, Presiden Direktur Digiserve by Telkom Indonesia.

Ahmad Hartono, Presiden Direktur Digiserve menyampaikan bahwa penghargaan yang diperoleh tersebut membuktikan komitmen dan konsistensi Perusahaan dalam penerapan GRC terutama untuk mencapai kinerja bisnis terbaik perusahaan secara berkelanjutan yang didasari oleh tata kelola perusahaan yang baik.

“Kami sangat bersyukur Digiserve sukses meraih dua penghargaan di ajang TOP GRC Awards 2022. Ini merupakan prestasi yang membanggakan. Terima kasih kepada seluruh Digi-Troops yang betul-betul telah menjaga aspek Governance, Risk dan Compliance di perusahaan. Teruslah semangat agar kita bisa maju bersama ,” kata Hartono.

Keberhasilan Digiserve by Telkom Indonesia meraih kedua penghargaan tersebut ditentukan oleh proses wawancara penjurian yang melibatkan 1.000 perusahaan di Indonesia, terdiri dari BUMN, BUMD, perusahaan di pasar modal, perusahaan swasta nasional atau pun multinasional. Penilaian terfokus pada kinerja dari penerapan GCG, manajemen risiko dan kepatuhan yang dikaitkan dengan pencapaian sasaran dan kinerja bisnis perusahaan.

Penilaian dilakukan secara obyektif dan independen dari para juri tersertifikasi yang telah menandatangani pernyataan kode etik dewan juri, sehingga memiliki kapabilitas dan kredibilitas sekaligus independensi dalam melakukan penilaian GRC dari seluruh peserta.

Ada tiga aspek yang menjadi prioritas penilaian, yakni penerapan sistem, infrastruktur dan implementasi Tata Kelola Perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan di Perseroan. Proses penilaian berlangsung sejak 25 April-14 Agustus 2022.

Ketiga aspek tersebut memang telah dijalankan oleh manajemen Digiserve yang dipimpin Presiden Direktur Ahmad Hartono, terutama sejak PT Telkom Indonesia (Persero) mengakuisisi kepemilikan Telstra melalui TelkomMetra di tahun 2021. Digiserve semakin didukung dalam mengembangkan pelayanan terbaik dengan keyakinan untuk memperkuat bisnis pelanggan dalam mencapai hasil yang lebih baik.

Di sisi lain, setelah Digiserve bergabung ke dalam Telkom Indonesia Group, sehingga menjadi bagian dari BUMN, manajemen langsung mengadopsi AKHLAK menjadi budaya perusahaan. Nilai-nilai positif yang ada di Digiserve, sebagai budaya yang lama, Hartono menjadikannya sebagai pegangan perilaku yang diadopsi untuk memperkuat budaya perusahaan AKHLAK. Tak hanya itu, manajemen perusahaan juga menerapkan Good Corporate Governance, yang merupakan tolok ukur kepatuhan perusahaan BUMN.

Saat ini sumber daya yang dimiliki Digiserve adalah 150 talenta dengan 220 sertifikat bertaraf internasional. Artinya, ada talenta yang memiliki lebih dari 1 sertifikat internasional, multitasking dan dapat mengelola pekerjaan dengan fungsi yang berbeda. Kemudian ada lebih dari 200 pelanggan, 400 proyek dengan lebih dari 12.000 sites managed. Digiserve juga telah meraih ISO 20000 untuk manajemen sistem IT dan ISO 27001 untuk sistem menajamen keamanan data.

Penghargaan untuk Perusahaan Berkinerja Baik

Sebagaimana diketahui, TOP GRC Awards ini  merupakan ajang tahunan penilaian dan pemberian penghargaan GRC tertinggi di Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai berkinerja baik, serta telah menerapkan GRC secara efektif dan terintegratif dalam pengelolaan bisnis. Untuk klasifikasi kategori penghargaan didasarkan pada pencapaian level Bintang (Stars). Dari Bintang 1 (yang terendah) hingga Bintang 5 (yang tertinggi).

TOP GRC Awards 2022 ini diselenggarakan oleh Majalah TopBusiness berkerjasama dengan Asosiasi GRC Indonesia, IRMAPA (Indonesia Risk Management Professional Association), ICoPI (Institute Compliance Professional Indonesia), dan PaGi (Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia), serta didukung oleh beberapa institusi lainnya.

Ketua Dewan Juri Top GRC Awards 2022 Antonius Alijoyo memaparkan bahwa kegiatan TOP GRC Awards 2022 memiliki arti penting untuk mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia agar kinerja bisnisnya dapat terus tumbuh secara berkelanjutan. Hal ini didasari pada penerapan prinsip-prinsip Good Governance, Risk Management, dan Compliance Management, yang efektif dan terintegrasi. 

“Dengan semakin efektifnya implementasi GRC ini, maka kinerja bisnis perusahaan-perusahaan di Indonesia, akan tetap aman dan tumbuh dengan baik, sehingga kepercayaan masyarakat dan investor, baik dari dalam dan luar negeri, akan tetap terjaga bahkan makin meningkat,” kata Antonius.

Sementara itu Ketua Penyelenggara TOP GRC Awards 2022 Muhammad Lutfi Handayani mengatakan, penganugrahan TOP GRC Awards merupakan salah satu bentuk dari pemberian nilai tambah bagi seluruh perusahaan pemenang sekaligus wadah untuk memberikan saran serta masukan dalam peningkatan implementasi GRC ke depan.

“TOP GRC Awards 2022 bukan hanya sekedar ajang penghargaan, namun sekaligus sarana pembelajaran bagi kita semua yang terlibat di dalamnya untuk meningkatkan implementasi GRC dalam kegiatan niaga di Indonesia,” pungkas Lutfi.


Tentang Digiserve by Telkom Indonesia

PT Digital Aplikasi Solusi atau Digiserve by Telkom Indonesia, merupakan perusahaan Teknologi Informasi  yang bergerak dalam bidang ICT Managed Solutions. Setelah diakusisi kepemilikannya oleh PT Telkom Indonesia (Persero) melalui TelkomMetra di tahun 2021, Digiserve semakin didukung dalam mengembangkan pelayanan terbaik dengan keyakinan untuk memperkuat bisnis customer dalam mencapai hasil yang lebih baik. Digiserve akan menjalankan ini dengan integrated Managed Solutions yang dimiliki, dengan memanfaatkan jangkauan jaringan yang luas, kapabililitas kelas dunia, dan keahlian lokal.

Kontak Media

Lita Valentina
SM Sales & Marketing
08111337189
E-Mail: lita.valentina@digiserve.co.id