Blog

Indonesia Global Delivery Center, Layanan Telkomtelstra untuk Mendukung Potensi SDM Indonesia dalam Dunia Internasional

Jum 20 Agustus 2021, telkomtelstra

Penulis: Erik Meijer

Indonesia merupakan negara dengan potensi digital yang sangat besar. Menurut laporan Digital 2021 dari wearesocial, Indonesia dengan populasi 274,9 juta jiwa, memiliki pengguna internet sejumlah 202,6 juta atau 73,7% dari jumlah penduduk, pengguna koneksi perangkat selular sejumlah 345,3 juta atau 125,6% dari jumlah penduduk dan pengguna aktif media sosial sejumlah 170 juta atau 61,8% dari jumlah penduduk. 

Hal ini menjadikan Indonesia sebagai pasar potensial sekaligus sebagai penyedia sumber daya di industri digital, sehingga mendorong perusahaan untuk menawarkan berbagai layanan digital dan telekomunikasi dengan menyediakan layanan yang handal.

Banyak perkembangan terhadap kualitas sumber daya Indonesia selama 76 tahun kemerdekaan. Salah satunya sumber daya Indonesia telah mampu memberikan kontribusi terhadap ekonomi global melalui layanan profesional yang diakui oleh perusahaan diberbagai belahan dunia.

Salah satunya adalah IGDC (Indonesia Global Delivery Center) sebagai bagian dari Telkomtelstra. IGDC diinisiasi oleh kedua Pemegang Saham telkomtelstra pada tahun 2018, sebagai bentuk inisiatif untuk mendorong penetrasi bisnis dalam memenuhi kebutuhan layanan Teknologi Informasi di pasar global melalui pengembangan tenaga kerja sektor teknologi informasi.

Manfaat Layanan

IGDC bertujuan untuk menggantikan layanan yang disediakan oleh penyedia pihak ketiga di luar negara tempat organisasi beroperasi, sehingga dapat menyediakan sumber daya berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing secara komersial. Dengan hadirnya IGDC, memberikan kesempatan bagi talenta terbaik di Indonesia untuk masuk ke pasar global sehingga memungkinkan organisasi customer beroperasi menggunakan sumber daya dari dalam negeri tanpa mengeluarkan biaya berlebih.

Selain itu, IGDC juga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, produktivitas, dan kualitas hasil. Kemudian dapat menjaga Hak Kekayaan Intelektual sekaligus melakukan kontrol yang lebih besar terhadap bagaimana cara kerja dilakukan, serta dapat memberikan kontribusi keuntungan.

IGDC merupakan inisiatif Telkomtelstra untuk memberikan Layanan Profesional di pasar global melalui pengembangan layanan TI dan tenaga kerja. IGDC dikhususkan untuk melayani pelanggan di luar negeri dengan sistem kerja jarak jauh. Layanan ini juga tidak terdampak sama sekali meskipun ada pandemi Covid-19 dan Work from Home (WFH), karena seluruh layanan dan bisnis sudah dijalankan secara jarak jauh sejak awal dihadirkan.

Layanan dan Sumber Daya Manusia

IGDC adalah mitra terpercaya dari beberapa perusahaan global di berbagai belahan dunia, dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dimanapun mereka berada. Berbagai layanan telah disediakan, seperti Customer Solutions Support terdiri dari Service Solution Architects dan 3rd Party ManagersProject Delivery Support terdiri dari Project Managers, PMO, dan Business AnalystsBusiness Operations Support terdiri dari Sales Support Analyst, Operation Support Analyst, Insight Analysts, Help Desk, dan Customer Network Operations; serta Technical Services yang terdiri dari Test Engineers, Accredited Device & Network Engineers, dan Developers.

Sumber daya manusia dari IGDC Telkomtelstra juga terlibat dalam banyak proyek besar secara global. Hal ini membuktikan bahwa talenta-talenta ICT dari telkomtelstra khususnya dan Indonesia pada umumnya telah diakui secara internasional dan mampu bersaing secara global. 

Bagaimana pengalaman bekerja secara global dari Indonesia melalui IGDC ini? Mari kita simak pengalaman yang dibagikan beberapa karyawan IGDC selama bergabung. Seperti yang diungkapkan Diana Khairinawati selaku Business Analyst IGDC. “Menjadi bagian dari IGDC merupakan kesempatan terbaik bagi saya untuk mendapatkan Global Exposure, yaitu tergabung dalam project team yang anggotanya berasal dari berbagai negara, tetapi physicallysaya tetap berada di Indonesia.”, ujar Diana.

Diakuinya, semenjak bergabung bersama IGDC dan bekerja sama dengan international team membuatnya belajar bagaimana metode kerja yang efektif dan efisien, terutama dalam pemecahan suatu masalah melalui diskusi dan rapat. “Pengalaman ini yang menurut saya sangat berharga untuk mengasah kemampuan dan menambah wawasan melalui bekerja bersama tim internasional,” pungkas Diana.

Senada dengan Diana, Ghani Patriadi yang merupakan Project Manager IGDC, mengatakan bahwa melalui IGDC, dirinya mendapatkan pengalaman kerja yang unik dan tidak terlupakan. “I can manage projects outside Indonesia, which is a really cool experience for me, it’s a uniquely cool experience. I can meet customers and team members from different backgrounds and different countries. And of course I can improve my English by working here in the IGDC team.” tutur Ghani.

Begitu pula yang dirasakan oleh Luthfi Gunawan selaku Operations Lead dari IGDC. Luthfi mengungkapkan bahwa sejak awal dirinya memiliki keyakinan dan mimpi besar bahwa talent Indonesia bisa menjadi bagian dari global collaboration di dunia digital. 

Dengan semangat dan mimpi tersebut, Luthfi mendorong dirinya untuk bergabung dengan IGDC hingga saat ini berhasil memimpin tim.  “Nowadays with IGDC, we prove it, we bringing the best talents with such global standards to support our customer projects and businesses. Dan pada akhirnya kami berharap bisa memberikan kontribusi untuk Indonesia.” ungkap Luthfi.

Telkomtelstra memiliki sekitar 200 karyawan dari berbagai disiplin teknis dan bisnis dimana melalui mitra talenta kami memiliki akses ke saluran talenta yang berkembang dari lulusan hingga profesional berpengalaman, diakses baik melalui layanan profesional atau Indonesia Global Delivery Centre kami.

Selain itu, Telkomtelstra juga memiliki talenta profesional untuk mendukung layanan Managed Services yang dapat disediakan di negara, wilayah, ataupun lokasi jauh di manapun di dunia.

Penghargaan yang Diterima

IGDC telah menerima pengakuan internasional yang sangat besar dari para pelanggan. Dengan tingkat perpanjangankontrak (renewal) mencapai 99%, sebagian besar dari pelanggan merasa sangat senang dan terbantu dengan layanan yang diberikan IGDC. Selain itu, para pelanggan juga selalu ingin memperbarui kontrak mereka dan berkembang bersama IGDC dengan meminta lebih banyak sumber daya untuk bergabung sebagai bagian dari tim mereka. 

IGDC juga telah mendapatkan total 37 pengakuan yang luar biasa di semua layanan, seperti penghargaan untuk dukungan luar biasa dalam proyek pelanggan, pengakuan untuk memenangkan peluang strategis pelanggan, mengembangkan perangkat platform untuk otomatisasi dan menyederhanakan penjualan dan operasi pelanggan.Beberapa pengakuan dari pelanggan IGDC secara global, meliputi apresiasi terhadap komitmen yang diberikan team IGDC untuk selalu memberikan pekerjaan yang terbaik dalam berbagai proyek di berbagai sektor industri.

Proses Rekrutmen IGDC

Dalam proses perekrutan talenta-talenta IGDC ini, Telkomtelstra selalu melakukan pemeriksaan latar belakang yang disesuaikan dengan kebutuhan. Ada beberapa tahapan rekrutmennya, yakni:

1.     REQUEST FOR POSITION(S): Menerima permintaan posisi sesuai dengan kebutuhan bisnis.

2.     SOURCING STRATEGY: Identifikasi sumber terbaik untuk mendukung pengiriman kandidat, misalnya pengumuman lowongan pekerjaan di situs web perusahaan dan media sosial, atau libatkan agen perekrutan jika perlu.

3.     SCREENING AND INTERVIEW : Menerima dan meninjau resume kandidat. Jika terpilih, kandidat terbaik akan diundang untuk wawancara dengan Manajer IGDC dan pihak customer.

4.     OFFERING & ONBOARDINGPROCESS : Kandidat yang terpilih dan paling memenuhi syarat akan melalui pemeriksaan latar belakang yang ketat, akan diberikan penawaran dan jadwal. Atas kesepakatan tersebut, karyawan baru akan dilengkapi dengan peralatan yang diperlukan, misalnya laptop dan perangkat telekomunikasi.

5.     INDUCTION: Memperkenalkan karyawan baru ke tempat kerja, anggota tim, dan aktivitas bisnis. Memastikan akan siap untuk posisi yang ditentukan.

Saat ini, IGDC juga sedang membuka kesempatan bagi talenta anak bangsa untuk bergabung dalam tim kami sebagai Automation and Performance Testing Engineer IGDCProject Coordinator IGDC, dan Project Manager IGDC. Untuk informasi selengkapnya terkait kualifikasi kandidat , silakan kunjungi website Telkomtelstra https://www.telkomtelstra.co.id/en/about-us/work-with-us.

Telkomtelstra bersama IGDC

Telkomtelstra adalah perusahaan joint venture antara PT Telkom Indonesia dan Telstra. Memanfaatkan kekuatan Telkom Indonesia dan Telstra, mampu menghadirkan kombinasi tak tertandingi dari keahlian pasar lokal yang mendalam dan pengalaman solusi terkelola global. Mengelola perusahaan besar dari berbagai industri. Didukung oleh sekitar 200 karyawan dengan lebih dari 220 sertifikasi kelas dunia. 

Memiliki beragam produk yang dapat membantu seperti Managed Network Services, Managed Security Services, Managed Cloud Services, Unified Communicationdan Professional Services. Dengan dukungan infrastruktur seperti dari Telkom Indonesia, telkomsigma, Telin, Telstra, dan provider lainnya.

Dari semua layanan professional services yang IGDC sediakan, kami senantiasa membantu customer kami untuk tumbuh dan berkembang bersama. Hal ini dimungkinkan karena sumber daya yang ditugaskan juga memberikan jasa konsultasi untuk meningkatkan produktivitas di organisasi customer melalui keterlibatan aktif sebagai bagian dari organisasi pelanggan. Hal ini dilakukan secara bertanggung jawab untuk memicu perbaikan secara berkelanjutan (continuous improvement) dalam setiap aspek pekerjaan yang dilakukan. Kami sangat terbuka untuk diskusi lebih lanjut jika organisasi Anda membutuhkan tenaga profesional untuk membantu Anda mengembangkan dan melejitkan potensi bisnis Anda. Silahkan hubungi kami melalui email getintouch@telkomtelstra.co.id apabila perusahaan Anda tertarik untuk bertumbuh dan berkembang bersama layanan profesional kami.