Blog

Transformasi Digital pada Layanan Pelanggan (Contact Centre)

Ming 16 Juni 2019, telkomtelstra

Pada saat ini, dunia kita sudah terhubung seiring perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi ini bahkan mengubah perilaku konsumen dan bagaimana mereka merespon terhadap produk atau jasa yang mereka dapatkan. Kini pelanggan mulai beralih pada transaksi digital, dengan menggunakan situs web, blog, vlog dan media social, mereka dapat berbelanja untuk kebutuhannya dimanapun dan kapanpun. Menurut survei yang dilakukan oleh Transcosmos yang diterbitkan pada tahun 2018 kebanyakan orang di Indonesia menggunakan Internet satu sampai tiga jam setiap hari, dengan demikian pola respon yang menunjukkan keputusan atau kekecewaan mereka pun mengalami pergeseran sedikit demi sedikit.

Perkembangan inilah yang menuntut bisnis untuk terus berinovasi dalam meningkatkan skala kepuasan konsumen. Dewasa ini, lebih banyak pelanggan yang menghubungi layanan pelanggan sebelum melakukan pembelian untuk mengecek dahulu detil layanan yang ditawarkan penjual. Hal ini menyebabkan layanan pelanggan memegang peranan penting sebelum maupun sesudah terjadinya transaksi.

Dengan adanya teknologi layanan pelanggan yang baru, kini perusahaan-perusahaan ini mulai mengaplikasikan inovasi informatika untuk meningkatkan daya saingnya pada kondisi pasar yang sangat kompetitif. Saat ini, kebanyakan layanan pelanggan mulai dilakukan secara online, media sosial seperti Facebook, Webchat, serta respons otomatis di situs web perusahaan kerap digunakan perusahaan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggannya.

Jika dibandingkan dengan layanan konsumen yang konvensional, bisnis dapat memenuhi kebutuhan pelanggan secara lebih efektif dan efisien. Dengan mengaplikasikan teknologi, kini pelanggan dapat mencari sendiri informasi yang mereka perlukan. Pertanyaan berikutnya yang perlu dijawab adalah bagaimana layanan pelanggan perlu berinovasi untuk menghadapi konsumen modern ini?

Dengan menggunakan teknologi, layanan pelanggan yang umumnya membutuhkan cukup banyak biaya kini dapat dilakukan secara lebih efektif dengan menggunakan teknologi bernama Cloud Contact Centre. Teknologi ini mampu menjawab tantangan inefisiensi yang dihadapi perusahaan ketika berurusan dengan topik penyediaan layanan konsumen. Seperti yang di ungkapkan oleh Frost dan Sullivan dalam laporan mereka, Cloud Contact Centre mampu menekan biaya-biaya operasional pada layanan konsumen konvensional dan meningkatkan kepuasan konsumen di saat yang bersamaan.

Tentu dalam mengakuisisi teknologi modern, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan oleh bisnis terlebih dahulu. (1) Aspek utama yang perlu dipertimbangkan perusahaan adalah kestabilan dan kecepatan jaringan yang dimiliki perusahaan. Dengan menggunakan jaringan yang berkecepatan tinggi, Cloud Contact Centre bisa berjalan secara optimal sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen secara efektif pula. (2) Aspek berikutnya berupa perkembangan Cloud Centre Solutions yang signifikan seiring banyaknya bisnis yang mengadopsi teknologi ini di dalam proses bisnisnya. (3) Aspek terakhir yang tidak boleh dilupakan merupakan Web Real Time Communication (WebRTC) yang akan mengotomatiskan percakapan dari sisi pelayan langganan dan konsumen. Oleh karena itu bisnis modern memerlukan vendor tenaga ahli yang mampu menjawab seluruh poin-poin di atas.

Dengan perekonomian Indonesia yang sedang melambung tinggi, terutama dengan melesatnya e-commerce menjadi lebih kuat dan semakin banyak digunakan konsumen-konsumen modern, investasi pada teknologi layanan pelanggan ini mampu memberikan keunggulan bisnis yang cukup signifikan. Saat ini banyak perusahaan di Indonesia yang mulai mengubah metode penyediaan layanan pelanggan kepada konsumen dengan tujuan untuk memberikan layanan yang lebih handal dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Oleh karena itu, telkomtelstra menyediakan layanan pelanggan yang lebih untuk menjawab berbagai tantangan bisnis. Solusi Cloud Contact Centre telkomtelstra bersifat fleksibel dengan kebutuhan, dapat diandalkan untuk menyelesaikan beragam masalah dan menghadirkan nilai investasi yang baik. Baca lebih lanjut mengenai layanan Cloud Contact Centre yang ditawarkan telkomtelstra di sini.